Pemerintah Siapkan Strategi Jangka Panjang Hadapi Pandemi Covid-19

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid 19 Wiku Adisasmito mengatakan pemerintah menyiapkan strategi jangka panjang dalam menghadapi Pandemi Covid 19 yang berpotensi terjadi dalam waktu yang lama. "Sebagaimana arahan presiden saat ini kita harus bersiap beradaptasi dengan situasi. Covid 19 ini berpeluang akan hidup bersamaan dengan kita dalam waktu yang tidak sebentar," kata Wiku dalam Konferensi pers virtual yang disiarkan Youtube Sekretariat Presiden, Selasa (10/8/2021).

Menurut Wiku, bukan hanya Indonesia yang tengah menyiapkan strategi jangka panjang dalam menghadapi Covid 19. Negara negara lain dan organisasi internasional seperti World Bank dan WHO juga, kata Wiku tengah menyiapkan panduan baik dari sisi kesehatan maupun ekonomi. "Ke depannya pemerintah akan senantiasa memantau kondisi secara aktual demi mengambil kebijakan yang tepat, baik dalam hal penanganan kesehatan maupun pemulihan ekonomi," katanya.

Upaya terbaik yang bisa dilakukan dalam kondisi dinamis saat ini kata Wiku adalah memaksimalkan upaya pengendalian secara paralel. Pemerintah menerapkan tiga pilar utama dalam pengendalian Covid 19 yakni Penerapan Protokol Kesehatan, peningkatan upaya testing, tracing, dan treatment, serta vaksinasi Covid 19. "Upaya terbaik yang bisa kita lakukan dalam menjalani dinamika yang ada adalah memaksimalkan berbagai upaya pengendalian secara paralel untuk upaya proteksi maksimal," pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.