HASIL COPA AMERICA Brasil 3-0 Venezuela, Tinggal 10 Gol Lagi Neymar Tembus Rekor Gol Pele

Bintang sepak bola Brasil, Neymar mencetak golnya yang Ke 67 untuk timnas Brasil. Gol itu dicetak melalui tendangan penalti saat Brasil melawan Venezuela di penyisihan grup B Copa America, Senin (14/6/2021). Dengan demikian, Neymar kini terpaut 10 gol dari jumlah gol terbanyak timnas Brasil yang dicetak oleh Pele. Sementara ini, Pele masih memegang rekor sebagai pencetak gol terbanyak Brasil dengan 77 gol dari 92 penampilannya pada periode antara 7 Juli 1957 hingga 18 Juli 1971.

Sedangkan Neymar mencetak 67 gol dalam 106 penampilannya bersama Timnas Brasil. Timnas Brasil mengawali kiprahnya di ajang Copa America dengan kemenangan 3 0 atas Venezuela dalam pertandingan penyisihan grup B Copa America, Senin (14/6/2021). Tiga gol Brasil masing masing dicetak oleh Marquinhos pada menit Ke 23, Neymar pada menit Ke 64, dan Gabrile Barbosa satu menit sebelum laga usai.

Dua gol Brasil yang dicetak Marquinhos dan Barbosa melalui permainan terbuka. Sedangkan gol Neymar dicetak melalui tendangan penalti. Selain mencetak gol penalti, Neymar juga menyumbang asis untuk gol Barbosa. Brasil lebih menguasai jalannya pertandingan. Mereka unggul dalam hal penguasaan bola dengan 62 persen.

Total tendangan ke gawang sebanyak 18 tembakan. 7 di antaranya mengarah ke gawang. Sebelum pertandingan pembuka Copa America Brasil melawan Venezuela, ada momen mengheningkan cipta untuk para korban COVID 19. Para pemain Brasil dan Venezuela berdiri untuk mengheningkan cipta di lingkaran tengah. Itu menjadi adegan yang mengharukan. Pertandingan digelar tanpa penonton di Estadio Nacional Mane Garrincha.

Dalam minggu minggu menjelang turnamen, protes di seluruh negeri terhadap penanganan pandemi oleh presiden Jair Bolsonaro, yang telah dikritik karena meremehkan keparahan virus yang telah menewaskan lebih dari 460.000 warganya. Brasil mengawali perjuangan untuk mempertahankan gelar juara Copa America dengan menghadapi Venezuela dalam partai pembuka Grup B. Brasil unggul dalam setiap aspek pada pertandingan kali ini.

Dari segi penguasaan bola, mereka dominan lewat catatan 62 persen. Brasil juga mendominasi penciptaan peluang dengan melepaskan 18 tembakan, sangat jomplang dibanding jumlah shot Venezuela (3). Bahkan armada Tite mampu mengkreasi sembilan peluang pada babak pertama.

Kans pertama Brasil lahir dari diving header Eder Militao pada menit ke 10. Upaya tersebut gagal menghasilkan gol karena sundulan sang bek hanya membuat bola melenceng tipis dari sasaran. Memasuki menit ke 19, tembakan jarak jauh Danilo juga belum menjebol gawang Venezuela karena dipatahkan kiper Joel Graterol.

Serangan Brasil baru membuahkan gol pada menit ke 23 via kaki Marquinhos. Bek Paris Saint Germain itu membobol gawang Venezuela dengan sebuah sontekan dari situasi sepak pojok. Jala gawang Venezuela kembali bergetar pada menit ke 25 setelah Richarlison berhasil memaksimalkan umpan silang Renan Lodi dari sisi kiri kotak penalti.

Namun, gol tersebut dianulir karena Richarlison dianggap berada dalam posisi offside saat menyambut bola. Pertandingan sempat diwarnai insiden kecil pada menit ke 39. Bomber Brasil, Neymar, kesal setelah mendapat tendangan dari Luis Martinez saat keduanya berebut bola. Wasit Esteban Ostojich langsung turun tangan untuk menenangkan kedua pemain.

Skor 1 0 bertahan hingga babak pertama selesai. Selepas turun minum, gelombang serangan Brasil berlanjut. Neymar membuang peluang emas pada menit ke 52. Dirinya gagal mendorong bola kiriman Lucas Paqueta yang bergulir di mulut gawang Venezuela.

Padalah, dia dalam posisi sama sekali tak terjaga. Neymar membayar kesalahannya dengan mencetak gol penalti pada menit ke 64. Brasil dipersilakan menendang dari titik putih menyusul pelanggaran terhadap Danilo.

Bikin gol saja tak cukup bagi Neymar. Menginjak menit ke 89, dia berperan membidani gol ketiga Brasil. Neymar mengirimkan umpandi kotak penalti yang kemudian didorong oleh Gabriel Barbosa ke dalam gawang dengan menggunakan dada.

Tak ada gol tambahan lagi hingga terdengar bunyi peluit tanda akhir pertandingan. Hasil ini membawa Brasil ke puncak klasemen Grup B dengan tiga poin. Sementara itu, Venezuela harus rela jadi juru kunci.

SUSUNAN PEMAIN Brasil 3 0 Venezuela (Marquinhos 23', Neymar 64' pen, Gabriel Barbosa 89') Brasil: 1 Alisson, 2 Danilo, 4 Marquinhos, 14 Eder Militao, 16 Renan Lodi, 5 Casemiro, 8 Fred, 17 Lucas Paqueta, 10 Neymar, 9 Gabriel Jesus, 7 Richarlison

Pelatih: Tite Venezuela: 12 Joel Graterol, 21 Alexander Gonzalez, 28 Luis Martinez, 27 Yohan Cumana, 14 Luis Del Pino, 5 Junior Moreno, 8 Francisco La Mantia, 24 Bernaldo Manzano, 13 Jose Martinez, 23 Cristian Casseres, Francisco Aristeguieta Pelatih: Jose Peseiro

Leave a Reply

Your email address will not be published.