Persatuan Ahli Farmasi Indonesia Ondong Siau: Mengangkat Profesionalisme di Pulau Kecil

Di tengah gemuruh aktivitas farmasi di Indonesia, ada sebuah kisah menarik yang berasal dari Pulau Siau, salah satu pulau kecil yang menjadi bagian dari Kepulauan Sangihe Talaud di Sulawesi Utara. Di pulau ini, terdapat sebuah kelompok yang tak terlupakan dalam dunia farmasi lokal: Persatuan Ahli Farmasi Indonesia Ondong Siau.

 

Sebagai bagian dari Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI), Ondong Siau tidak hanya mewakili semangat dan dedikasi farmasis di daerah terpencil, tetapi juga menjadi cermin keberagaman dan inklusi dalam praktik farmasi di Indonesia.

 

Asal Usul Persatuan

 

PAFI Ondong Siau terlahir dari semangat para farmasis muda yang berjuang untuk meningkatkan standar layanan farmasi di Pulau Siau. Dalam kondisi geografis yang terbatas, mereka tidak hanya menjadi penjaga kesehatan masyarakat setempat tetapi juga mengembangkan jaringan kerja sama yang kuat dengan berbagai pihak, termasuk pemerintah daerah, rumah sakit, dan lembaga kesehatan lainnya.

 

Misi dan Visi

 

Misi utama PAFI Ondong Siau adalah meningkatkan profesionalisme dan pelayanan farmasi yang berkualitas di wilayah terpencil. Mereka memperjuangkan akses yang lebih baik terhadap obat-obatan, informasi kesehatan, serta peningkatan kapasitas sumber daya manusia di bidang farmasi.

 

Visi mereka adalah menciptakan masyarakat yang sehat dan terjangkau layanan farmasinya, meskipun berada di daerah terpencil. Dengan semangat kebersamaan dan kolaborasi yang kuat, PAFI Ondong Siau terus berinovasi dalam pendekatan pelayanan farmasi yang ramah, terjangkau, dan efektif.

 

Program Unggulan

 

PAFI Ondong Siau memiliki beberapa program unggulan, di antaranya:

 

  1. Edukasi Masyarakat: Melalui kegiatan penyuluhan dan sosialisasi, mereka aktif mengedukasi masyarakat tentang penggunaan obat yang benar, pentingnya kesehatan preventif, dan peran farmasis dalam tim kesehatan.

 

  1. Kampanye Kesehatan: Rutin menggelar kampanye kesehatan seperti pemeriksaan kesehatan gratis, donor darah, dan kegiatan-kegiatan sosial lainnya untuk mendekatkan diri dengan masyarakat.

 

  1. Pelatihan Tenaga Farmasi: Mengadakan pelatihan dan workshop bagi tenaga farmasi lokal untuk meningkatkan kompetensi dan pengetahuan dalam praktik farmasi yang baik.

 

  1. Advokasi Kesehatan: Berperan aktif dalam advokasi kebijakan kesehatan di tingkat lokal untuk memperjuangkan hak-hak kesehatan masyarakat dan meningkatkan infrastruktur kesehatan di Pulau Siau.

 

Prestasi dan Harapan

 

Dalam perjalanannya, PAFI Ondong Siau telah mengukir berbagai prestasi, mulai dari penghargaan dalam pelayanan farmasi hingga kontribusi dalam penanggulangan masalah kesehatan masyarakat. Mereka terus berharap dapat menjadi contoh bagi daerah-daerah lain dalam upaya meningkatkan kualitas layanan farmasi di Indonesia, terutama di wilayah-wilayah terpencil yang seringkali terabaikan.

 

 

Sumber : pafiondongsiau.org

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *