Mengenal Persatuan Ahli Farmasi Indonesia Kabupaten Minahasa Tenggara

Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI) merupakan sebuah organisasi yang menjadi wadah bagi para ahli farmasi di Indonesia untuk berkumpul, bertukar informasi, dan mengembangkan ilmu farmasi. Salah satu cabang yang cukup aktif adalah Persatuan Ahli Farmasi Indonesia Kabupaten Minahasa Tenggara (PAFI Minahasa Tenggara).

 

Sejarah Singkat

 

PAFI Minahasa Tenggara didirikan pada tahun 1985 dan telah aktif dalam berbagai kegiatan yang mendukung pengembangan ilmu farmasi serta pelayanan kesehatan masyarakat di wilayah Kabupaten Minahasa Tenggara.

 

Visi dan Misi

 

  1. Visi: Menjadi wadah yang kuat bagi para ahli farmasi di Kabupaten Minahasa Tenggara untuk meningkatkan kompetensi dan kontribusi dalam pelayanan kesehatan.
  2. Misi:

– Mengembangkan pengetahuan dan keterampilan anggota dalam bidang farmasi.

– Mendorong inovasi dalam pelayanan farmasi yang berkualitas.

– Berperan aktif dalam upaya pencegahan penyakit dan peningkatan kesehatan masyarakat.

 

Program dan Kegiatan

 

PAFI Minahasa Tenggara rutin mengadakan berbagai program dan kegiatan, seperti:

 

  1. Edukasi Kesehatan: Mengadakan seminar, workshop, dan pelatihan untuk meningkatkan pengetahuan anggota dan masyarakat tentang kesehatan dan penggunaan obat yang benar.
  2. Kampanye Kesehatan: Turut serta dalam kampanye kesehatan seperti imunisasi, deteksi dini penyakit, dan kampanye anti-narkoba.
  3. Bimbingan Teknis: Memberikan bimbingan teknis kepada apoteker dan tenaga farmasi dalam penerapan standar operasional prosedur yang baik.
  4. Kerjasama dengan Pemerintah dan Institusi Kesehatan: Berkolaborasi dengan pemerintah daerah dan institusi kesehatan lainnya dalam meningkatkan pelayanan farmasi di Kabupaten Minahasa Tenggara.

 

Kontribusi terhadap Masyarakat

 

PAFI Minahasa Tenggara memiliki kontribusi yang signifikan dalam meningkatkan kesehatan masyarakat, antara lain:

 

  1. Pelayanan Konsultasi Obat: Memberikan layanan konsultasi obat kepada masyarakat untuk memastikan penggunaan obat yang aman dan efektif.
  2. Pendampingan Pasien: Membantu pasien dalam pemahaman tentang penggunaan obat, efek samping, dan interaksi obat-obatan.
  3. Edukasi Pencegahan Penyakit: Melakukan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya pola hidup sehat dan pencegahan penyakit.
  4. Penyuluhan Penggunaan Obat Generik: Mengedukasi masyarakat tentang keuntungan dan keamanan penggunaan obat generik.

 

Kesimpulan

 

PAFI Minahasa Tenggara bukan hanya sekadar organisasi profesi, tetapi juga mitra penting dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan farmasi dan kesehatan masyarakat di Kabupaten Minahasa Tenggara. Dengan berbagai program dan kontribusi yang dilakukan, PAFI Minahasa Tenggara terus berperan dalam memajukan dunia farmasi dan kesehatan di wilayahnya.

 

 

 

 

Sumber : pafikabminahasatenggara.org

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *