6 Cara Beli Mobil Baru dengan Gaji Pas-pasan, Kamu Pasti Bisa!

Dengan gaji standar dan tanggung jawab finansial yang besar, terkadang sulit terpikirkan bisa membeli mobil baru impian. Kondisi keuangan ini juga terkadang menyulitkan proses pengajuan kredit. Namun apa boleh buat jika kebutuhan mobilisasi cukup tinggi?

Terutama apabila tinggal di daerah yang fasilitas transportasi umumnya kurang mendukung. Setiap orang sebetulnya mempunyai kesempatan memiliki mobil, caranya dengan menabung setiap kali gajian. Tetapi mengandalkan manajemen keuangan saja terkadang kurang optimal.

 

Tips Beli Mobil Baru dengan Gaji Standar

Masalah ini banyak terjadi pada kaum milenial yang kebanyakan memiliki penghasilan minimum. Untuk membantu orang dengan penghasilan standar menjemput mobil keinginan, berikut adalah beberapa tips sederhana yang bisa diandalkan:

1.      Cek Pilihan Model yang Tersedia

Sumber informasi ada banyak jumlahnya saat ini. Selain dari mulut ke mulut, informasi bisa didapatkan di internet.

Lakukan riset untuk menemukan model yang tepat. Apabila mobil dibutuhkan untuk mobilitas, model Yaris atau Agya bisa menjadi pertimbangan. Avanza atau Innova juga pilihan yang bagus apabila mobil digunakan untuk kebutuhan mobilitas keluarga.

 

2.      Sesuaikan dengan Anggaran

Memiliki gaji standar bukan berarti tidak bisa beli mobil. Melainkan pilihannya lebih terbatas. Cobalah cari mobil baru di SEVA, yaitu platform online yang membantu menentukan mana model mobil yang tepat sesuai anggaran yang dimiliki melalui fitur canggihnya Instant Approval.

Ini adalah tahapan yang krusial supaya tidak menghadapi kesulitan finansial ke depannya akibat tidak mampu menutup cicilan.

 

3.      Gunakan Diskon

Diskon adalah teman terbaik di kondisi seperti ini. Pada saat-saat tertentu, platform beli mobil menyediakan penawaran besar-besaran. Biasanya menjelang akhir bulan atau akhir tahun, diskon yang ditawarkan cukup besar.

Adanya diskon dapat memangkas sejumlah biaya di awal. Bagi yang berpenghasilan standar, ini akan meringankan pembiayaan secara keseluruhan.

Selain diskon, penawaran menarik lainnya berupa cicilan rendah atau uang muka 0%. Tanyakan kepada petugas terkait promo yang sedang diadakan.

 

4.      Hindari Rencana Kredit yang Mengganggu Keuangan

Pilih rencana kredit yang paling sesuai dengan pola keuangan. Untuk cara yang aman, pastikan besaran biaya angsuran tidak di atas 30% dari total gaji per bulan.

Setiap orang mempunyai perhitungan yang berbeda-beda tergantung dari pengeluaran wajib. Yang penting, biaya cicilan ini tidak sampai mengganggu kesehatan keuangan. Besaran biaya cicilan juga dipengaruhi oleh tenor atau jangka waktu cicilan.

Tenor paling singkat lebih menguntungkan, karena total bunga yang dikenakan jauh lebih rendah. Tips lain untuk mengurangi biaya angsuran adalah memilih uang muka yang besar. Uang muka sebesar 20% akan menekan biaya angsuran per bulan sehingga lebih rendah.

 

5.      Bayar Angsuran Tepat Waktu

Apabila perencanaan keuangan dipikirkan baik-baik, seharusnya ini bukan masalah besar. Debitur dituntut untuk membayar tepat waktu. Denda akan dikenakan apabila pembayaran lewat dari tanggal jatuh tempo. Ini akan berakhir pada biaya keseluruhan yang lebih tinggi.

 

6.      Perhatikan Biaya Operasional

Sekali pun mobil sudah lunas, pembiayaan masih terus berlanjut. Pasalnya, mobil butuh dipelihara secara konsisten guna mempertahankan kualitas, seperti perawatan mesin. Biaya operasional pun sama-sama membutuhkan biaya, mencakup biaya bensin, tol, parkir dan lain sebagainya.

Belum lagi jika mobil dilindungi oleh asuransi. Akan ada biaya tambahan yang harus dikeluarkan setiap bulan. Namun ini akan sangat membantu andai mobil mengalami masalah serius, seperti kecelakaan. Jadi biaya perbaikan yang dikeluarkan tidak terlalu mahal.

 

Saat beli mobil baru akan dihadapkan oleh beberapa pilihan model dan pembiayaan. Menggunakan tips-tips tersebut akan membantu menurunkan biaya angsuran per bulannya. Dengan metode ini, yang berpenghasilan standar akhirnya bisa memiliki mobil pribadi untuk menunjang mobilitas sehari-hari.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.